Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pakem Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada MTs Al-Jamil Desa, Aik
Bual, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dimana populasinya terdiri dari 1 kelas siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok kelas yaitu
kelas A dan B. Kemudian dua kelas yang dijadikan kelas sampel yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen yang diberikan penggunaan metode
pembelajaran Pakem dan kelas B sebagai kelas kontrol yang diberikan dengan metode pembelajaran ceramah. Jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data observasi dan test prestasi belajar dengan melakukan satu kali ulangan yaitu ulangan yang dilakukan setelah
melakukan pembelajaran (post-test). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus uji t (sparated varian) dengan alasan
untuk melihat taraf signifikansi pengaruh metode pakem yang digunakan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Metode Pakem mempunyai pengaruh yang positif Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik
Pada MTs Al-Jamil Desa, Aik Bual, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini dilandasi dengan hasil
penelitian yang menunjukkan bahwa t - hitung = 4,23 dan t - tabel = 1.71 dan 2.49, pada taraf signifikansi 5% dan 1%. (t - hitung lebih besar dari
t - tabel). Dengan demikian Ha berbunyi ³jika t ± hitung lebih besar dari t ± tabel maka hipotesis ³Ha´diterima, artinya ada Pengaruh yang
signifikan antara pengaruh metode PAKEM dengan pestasi belajar peserta didik¶¶. Dengan kata lain berdasarkan bukti-bukti yang diterima dapat
diungkapkan bahwa ada pengaruh yang kuat antara Metode PAKEM perhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada MTs Al-Jamil Desa Aik Bual
Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah tahun Pelajaran 2012/2013.