Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbandingan kemampuan literasi
dan factor-faktor yang mempengaruhi siswa kelas satu yang lulusan TK dan bukan
lulusan TK. Penelitian ini adalah penelitian deskriptife dengan pendekatan kualitatif.
Subjek penelitian adalah 13 siswa lulusan TK dan 30 siswa bukan lulusan TK kelas
satu SDN 5 Lenek. Untuk mengumpulkan data peniliti menggunakan tes (membaca
dan menulis), dan wawancara. Adapun istrument yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar kerja membaca dan menulis, pedoman wawancara dan dokumnetasi
hasil belajar.
Berdasarkan hasil tes siswa yang diperoleh peneliti di sekolah SDN 5 Lenek
menunjukkan adanya perbedaan kempuan literasi dilihat dari nilai rata rata yang
diperoleh siswa yang lulusan TK dan bukan lulusan TK. Sedang hasil tes membaca
dan menulis menunjukkan nilai rata rata siswa lulusan TK adalah 70.6 dan siswa
bukan lulusn 51.7. kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan prasekolah dan
keadaan social ekonomi keluarga mampu mempengaruhi kemampuan literasi siswa.