Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi
belajar siswa di MTs NW Talun. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan
pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di MTs NW Talun. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII dan IX yang mengikuti ekstrakurikuler di MTs NW Talun Tahun Pelajarn
2013/2014 yang berjumlah 50 responden yang telah di pilih menjadi populasi penelitian.
Penelitian ini menggunakan dua macam variabel yaitu: 1) variabel bebas: kegiatan ekstrakurikuler
(X), 2) variabel terikat: prestasi belajar siswa (Y). Pengumpulan data untuk variabel kegiatan
ekstrakurikuler metode angket dengan skala Likert. Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas
dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk
menghitung harga mean, median, modus, dan simpangan baku. Analisis data untuk uji
hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi belajar siswa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan, Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil pengujian
hipotesis Sebab Fhitung>Ftabel (47,496> 4,04). Dalam hal ini Ha diterima dan H0 ditolak dengan nilai
signifikan 0,000 < 0,05 Hal ini menegaskan bahwa kegiatan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler
di MTs NW Talun memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa di MTs NW Talun
Tahun Pelajaran 2013/2014