Abstract :
Metode pemberian tugas sangat berpengaruh dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa. Karena dengan menggunakan metode tersebut dapat
membantu dalam penguasaan materi yang disampaikan oleh guru, sehingga dapat
menyelesaikan setiap soal secara tepat dan tepat. Dengan demikian hal tersebut
berimplikasi positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa itu sendiri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh
yang signifikan metode resitasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran ekonomi kelas X MA Maraqitta’limat Mamben Kecamatan
Wanasaba Tahun Pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian
eksperimen dengan pendekatankuantitatif. Adapun metode yang digunakan dalam
mengumpulkan data adalah menggunakan metode tes.
Hasil analisis untuk uji t- hitung sebesar 7,09 dan t-tabel sebesar 2,04
pada taraf signifikansi 5%. Hal ini dapat diketahui melalui hasil pre tes yakni
nilai yang diperoleh sebelum dikenai perlakuan dan nilai post tes atau nilai yang
diperoleh sesudah perlakuan. Berdasarkan kenyataan di atas, maka ditarik
kesimpulan bahwa ada pengaruh metode resitasi dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MA Maraqitta’limat Mamben
Kecamatan Wanasaba Tahun Pelajaran 2013/2014.