Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Devision (STAD) Terhadap Prestasi
Belajar Ekonomi di SMK Darul Hamidi NW Batu Mirik Tahun Pelajaran
2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Darul
Hamidi NW Batu Mirik yang berjumlah 42 orang. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan instrumen yang
digunakan adalah tes. Berdasarkan perhitungan secara statistik dengan
menggunakan uji t-tes di peroleh nilai sebesar 5,84 dan pada tarap
signifikan 5% dengan N = 40 adalah 2,68. Hasil ini menunjukkan bahwa
lebih besar dari pada . Karena nilai lebih besar dari pada
(5,84 ) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Devision (STAD) Terhadap Prestasi
Belajar Ekonomi di SMK Darul Hamidi NW Batu Mirik Tahun Pelajaran
2012/2013 dengan kategori pengaruh tergolong kuat.