Abstract :
Setiap tenaga pengajar (guru) mempunyai cara tersendiri dalam
melaksanakan tugasnya. Guru dalam memilih metode mengajar bukanlah suatu
yang mudah, karena kemampuan akademik siswa di dalam tidak mereta
(heterogen). Sehingga guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran
yang kondusif, inovatif dan produktif. Oleh karna itu dalam penelitian ini, dengan
menerapkan metode drill pemberian soal-soal akuntansi dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen
sedangkan pendekatan yang di pakai adalah pendekatan kuantitatif . Subyek
penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Maraqitta’limat
Wanasaba Lombok Timur tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan
dengan cara mengumpulkan data- data prestasi belajar siswa dengan
menggunakan metode tes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang
signifikans antara metode drill dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA
Maraqitta’limat Wanasaba Lombok Timur tahun pelajaran 2012/2013.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus uji-t ternyata t-hitung
lebih besar dari t-tabel yakni nilai t – hitung, diperoleh nilai sebesar 4,96,
kemudian nilai t – tabel dengan derajat kebebasan (dk) N1 +N2 – 2 = 38 + 37 – 2
= 73. Pada taraf signifikansi 5%,maka t- tabel menunjukkan angka 2,00. Dari
hasil ini berarti bahwa t-hitung > t –tabel yaitu dengan taraf 5% (2,89>2,00) ini
berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang
berbunyi adanya pengaruh penerapan metode drill pemberian sosl -soal akuntansi
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Maraqitta’limat
Wanasaba Lombok Timur tahun pelajaran 2012/2013.