Abstract :
Penelitian ini bertujuan untunk mengetahui pengaruh motivasi belajar
terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII MTs bangle tahun pelajaran
2012/2013. Metode penelitian yang di gunankan dalam penelitian ini adalah
pendekatan eksprimen ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII MTs bangle yang berjumlah 20 orang. Instrument yang di gunankan
untunk mengumpulkan data adalah berupa angket dalam bentunk pertanyaan
sebanyank 30 pertanyaan yang di sebarkan kepada siswa dan metode dokementasi
yang di ambil dari nilai raport siswa . Untunk uji persyaratan analisis data pada
penelitian ini menggunankan uji normalitas data dengan menggunankan
kolmogrov smirnov dengan bantuan spss versi 16. Berdasarkan hasil analisa data
di peroleh datanya sudah normal. Sedangkan untunk uji hipotesis dalam
penelitian ini menggunankan uji regresi . Berdasarkan hasil penelitian ini di dapat
bahwa tidak signifikan atau tidak ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap
prestasi belajar siswa kelas VII MTs bangle tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini di
sebabkan karena keadaan lingkungan peserta didik yang kurang nyaman ,Sarana
prasarana belajar yang kurang lengkap, Kondisi perserta didik ,Metode
pembelajaran yang masih monoton , Dan lain sebagainya.