Abstract :
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penerapan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI SMA
Mardhatillah NW Penakak Desa Masbagik Timur Kecamatan Masbagik
Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah 23 orang yaitu kelas XI A yang berjumlah 13 orang
sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B yang berjumlah 10 orang sebagai kelas
kontrol dengan menggunakan random kelas tau kelompok.
Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik Uji -t untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Intruction
(PBI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi
kelas XI SMA Mardhatillah NW Penakak Kecamatan Masbagik Tahun Pelajaran
2013/2014. Teknik deskriptif data meliputi skor maksimal ideal (SMi), rata-rata
ideal (Mi) dan standar deviasi ideal (SDi). Berdasarkan hal tersebut maka dibuat
pedoman konversi dengan Penelitian Acuan Normal (PAN) yaitu norma skala
lama.
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa berdasarkan
analisis data uji t (t-test) diperoleh harga t
hitung = 53,93 lebih besar dari t tabel =
1,721 atau 53,93 > 1,721 dengan dk = (n1 + n2 – 2 ) dan taraf signifikan 5% maka
Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan , artinya
penggunaan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dapat
berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran
ekonomi kelas XI SMA Mardhatillah NW Penakak Tahun Pelajaran 2013/2014