Abstract :
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui factor-faktor tujuan, bahan pelajaran,
metode, alat, sumber, dan evaluasi secara signifikan mempengaruhi prestasi belajar ekonomi
pada siswa kelas XI MA NW Bagik Payung Tahun 2013 dengan pendekatan penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dimana analisis data yang digunakan
adalah menggunakan analisis deskriptif dan model analisis faktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa factor-faktor tujuan, bahan pelajaran, metode, alat, sumber
dan evaluasi secara signifikan merupakan factor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar
ekonomi pada siswa kelas XI MA NW Bagik Payung tahun 2013. Hal ini dapat dilihat dari
nilai korelasi antar variabel yang melebihi 0.800, koefisien uji KMO dan Bartletts test
dengan nilai signifikan 0%, dan nilai pada factor loading lebih dari 0,5. Kemudian pada
pengelompokkan variabel terdapat 3 faktor yang terbentuk yaitu yang mempunyai nilai
eigen>1. Variabel yang mempunyai nilai componen lebih dari 0.5 akan berada pada
pengelompokkannya. Dari hasil ini terbentuk 3 komponen yaitu komponen 1 diantaranya
terdapat variable tujuan, bahan, metode, komponen 2 terdapat variable alat dan sumber, dan
komponen 3 evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor yang
mempengaruhi prestasi belajar secara berturut-turut meliputi faktor metode, evaluasi, tujuan,
bahan, alat, dan sumber belajar secara signifikan merupakan factor-faktor yang mempengaruhi
prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI MA NW Bagik Payung tahun pelajaran
2013/2014.