Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas
terstruktur terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X MA NW KOTARAJA
tahun pelajaran 2013/2014. Metode tugas terstruktur adalah suatu cara penyajian
pelajaran dengan cara guru memberikan tugas kepada siswa dengan waktu yang
telah ditentukan. Prestasi belajar merupakan hasil yang telah dicapai oleh
seseorang setelah melakukan kegiatan belajar dalam periode tertentu. Metode
pengumpulan data yang digunakan berupa postes.
Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis
uji statistik yaitu uji - t ( t - test ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: ( I )
prestasi belajar siswa yang belajar dengan metode tugas terstruktur lebih baik
daripada prestasi belajar siswa yang menggunakan metode non tugas terstruktur,
hal ini sesuai dengan perhitungan dengan menggunakan uji – t ( t – test ) :
diperoleh t hitung adalah 18,40 sedangkan t tabel adalah 1,72. ( 2 ) Untuk
menghitung normalitas data menggunakan rumus Chi kuadrat diperoleh nilai
hitung pada kelas eksperimen adalah 10,47 dan tabel adalah 11,1. hitung <
tabel maka data tersebut normal, begitu juga dengan kelas kontrol diperoleh
nilai hitung 11,03 dan tabel adalah 11,1. Karena hitung < tabel maka
data data tersebut normal. Sedangkan untuk menguji homogenitas data
menggunakan rumus bartlet dan didapati nilai adalah 0,24 dan tabel 3,84
dan sesuai dengan kriteria pengujian homogenitas maka data tersebut homogen. (
3 ) Hasil uji dengan menggunakan uji t ( t – test ) dan diperoleh nilai t hitung > t
tabel yaitu 18,40 > 1,72, Karena t hitung > daripada t tabel, sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran dengan metode tugas terstruktur
tehadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X MA NW Kotaraja Tahun
Pelajaran 2013/2014.