DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS MA NW KETANGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Halimatussa'diah, Siti
Subject
Pendidikan Akuntansi 
Datestamp
2022-01-17 02:31:56 
Abstract :
Lemahnya proses belajar mengajar yang terjadi dalam dunia pendidikan disebabkan karena suasana proses belajar mengajar yang masih lebih banyak didominasi oleh peran guru. Hal ini menjadikan siswa fasif dan menjadikan siswa tidak dapat menerima pelajaran dengan baik sehingga memicu pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk itu, peneliti tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan Cotextual Teaching and Learning (CTL). Dimana, dengan menggunakan pendekatan CTL ini siswa dituntut untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah apakah penggunaan pendekatan CTL dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi jurnal umum kelas XI IPS MA NW Ketangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan cotextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi materi jurnal umum di kelas XI IPS MA NW Ketangga tahun pembelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MA NW Ketangga. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel. Instrument penelitian berupa tes esay yang terdiri 1soal dengan perintah, siswa diminta menyusun jurnal umum sesuai dengan transaksi-transaksi yang ada. Uji analisis data dilakukan dengan uji normalitas data menggunakan chikuadrat dan untuk uji hipotesis digunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh pada kondisi awal kemampuan siswa kelas kontrol menunjukkan skor rata-rata 41,9 dan kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata 41,3. Selanjutnya hasil pos-tes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berbeda secara signifikan atau nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen 78,3 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol yaitu 55,7.Setelah dilakukan uji-t terhadap kedua skor rata-rata pos-tes kedua kelompok diperoleh thitung 4,924 dengan dk 40 pada taraf signifikasi 5% diperoleh t tabel 1,684 sehingga diperoleh t hitung > ttabel maka Ho ditolak. Hal ini berarti, bahwa penggunaan pendekatan cotextual teaching and learning (CTL) dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi materi jurnal umum di kelas XI IPS MA NW Ketangga tahun pelajaran 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Gunung Rinjani