Abstract :
Lemahnya proses belajar mengajar yang terjadi dalam dunia pendidikan
disebabkan karena suasana proses belajar mengajar yang masih lebih banyak
didominasi oleh peran guru. Hal ini menjadikan siswa fasif dan menjadikan siswa
tidak dapat menerima pelajaran dengan baik sehingga memicu pada rendahnya
hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk itu, peneliti tertarik melakukan
penelitian dengan menggunakan pendekatan Cotextual Teaching and Learning
(CTL). Dimana, dengan menggunakan pendekatan CTL ini siswa dituntut untuk
aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini
adalah apakah penggunaan pendekatan CTL dapat mempengaruhi hasil belajar
siswa pada materi jurnal umum kelas XI IPS MA NW Ketangga. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan
cotextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran akuntansi materi jurnal umum di kelas XI IPS MA NW Ketangga tahun
pembelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MA NW
Ketangga. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu seluruh
populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel. Instrument penelitian
berupa tes esay yang terdiri 1soal dengan perintah, siswa diminta menyusun jurnal
umum sesuai dengan transaksi-transaksi yang ada.
Uji analisis data dilakukan dengan uji normalitas data menggunakan chikuadrat dan untuk uji hipotesis digunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh pada kondisi awal kemampuan siswa kelas kontrol menunjukkan skor
rata-rata 41,9 dan kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata 41,3.
Selanjutnya hasil pos-tes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berbeda
secara signifikan atau nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen 78,3 lebih
tinggi dari pada nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol yaitu 55,7.Setelah
dilakukan uji-t terhadap kedua skor rata-rata pos-tes kedua kelompok diperoleh
thitung
4,924 dengan dk 40 pada taraf signifikasi 5% diperoleh t
tabel
1,684 sehingga
diperoleh t
hitung
> ttabel
maka Ho ditolak. Hal ini berarti, bahwa penggunaan
pendekatan cotextual teaching and learning (CTL) dapat mempengaruhi hasil
belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi materi jurnal umum di kelas XI IPS
MA NW Ketangga tahun pelajaran 2012/2013.