Abstract :
Para ahli pendidikan menyatakan bahwa dalam proses belajar mengajar
guru seharusnya memiliki model pembelajaran agar siswa dapat belajar secara
efektif dan efesien sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal.
Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah apakah ada perbedaan tingkat
keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi dengan
menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio.Penelitian ini adalah jenis
penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
pengunaan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar IPS
Ekonomi pada materi memahami kegiatan perekonomian di indonesia siswa kelas
VIII MTs Dasan Geres tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Dasan Geres
yang berjumlah 46 orang. Sampel penelitian adalah 46 orang, Yang terdiri dari
kelompok eksperimen 23 orang dan kelompok kontrol 23 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik test, hasil belajar menggunakan test
pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. Teknik analisa data menggunakan uji
normalitas, dan uji hipotesis menggunakan rumus t-test.
Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen pre
tes (tes awal) =57,34 dan post tes (tes akhir) = 90,43 Sedangkan untuk nilai ratarata kelas kontrol pre tes = 40,47 dan post tes (tes akhir) =61,43 dan hasil dari uji
hipotesis menggunakan rumus thitung
= 10,45. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh pengggunaan model pembelajaran berbasis
portofolio terhadap hasil belajar IPS Ekonomi pada materi memahami kegiatan
perekonomian di indonesia siswa kelas VIII MTs Dasan Geres tahun pelajaran
2012/2013.