Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Tipe
STAD terhadap Prestasi Belajar ekonomi pada siswa kelas XI MA Putra Rinjani
Dasan Baru dengan menggunakan metode eksperimen dengan cara peneliti
sengaja membangkitkan timbulnya suatu kejadian ataukeadaan, kemudian diteliti
bagaimana akibatnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Persaratan analisis,
Uji Normalitas Data dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :
(1)Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat efektif terhadap
prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI MA Putra Rinjani Dasan Baru Tahun
Pembelajaran 2013/2014 pada materi bentuk mamahami penyusunan siklus
akuntansi keberhasilan belajar siswa termasuk dalamkategori tinggi dengan nilai
rata-rata = 67,85 Sementara nilai tertinggi pada kelompok ini adalah 85 dan nilai
terendah 50. (2) untuk kelompok eksperimen (yang menggunakan pembelajaran
tipe STAD preatasi belajar ekonomi) disimpulkan bahwa setelah mengalami suatu
perlakuan atau proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran
Tipe STAD nilai (Mean) eksperimen adalah 67,85 dan termasuk dalam kategori
tinggi. (Mean) 66,35 dan dapat dikategorikan ke dalam kategori sedang. (3) Dari
hasil pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t one
sampel (diperoleh = 6,114 dan = 4,098 pada taraf signifikan 5%. Dengan
membandingkan dengan dari hasil pengujian, maka dinyatakan bahwa > atau
6,114 > 4,098 (Lampiran 19). Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan
demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam
meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelasX MA Putra Rinjani Dasan
baru tahun Pembelajaran 2013/2014.