DETAIL DOCUMENT
KORELASI ANTARA KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MA NW LENEK LAUQ TAHUN 2014/2015
Total View This Week1
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Aminatuzzohriah, Aminatuzzohriah
Subject
Pendidikan Akuntansi 
Datestamp
2022-01-18 02:58:14 
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi antara kemampuan guru dalam mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MA NW Lenek Lauq Tahun 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA NW Lenek Lauq yang berjumlah 85 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan instrumen yang di gunakan adalah angket. Hasil penelitian dari pemberian angket yang telah diuji kelayakannya, menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan guru dalam mengelola kelas = 60,541 sedangkan rata-rata skor motivasi belajar siswa = 53,588 Setelah dikorelasikan terdapat r xy = 0,489 sedangkan pada rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,213. Hal ini dapat dibuktikan dari 85 orang peserta didik dengan derajat bebas (db/df) telah dapat dinyatakan melalui interpretasi tabel angka indeks korelasi product moment pada tabel diatas yaitu terdapat angka 0,400 s/d 0,600 terdapat interpretasi korelasi antara kemampuan guru dalam mengelola kelas dan motivasi belajar siswa yang Sedang atau agak rendah, Selanjutnya dilakukan uji analisis dengan menggunakan Uji signifikan dan didapat nilai t hitung > t-tabel yaitu 5,107 > 2,000 dan ini berarti Hipotesis Nihil Ho ditolak dan Hipotesis alternatif Ha diterima atau di setujui karena t-hitung > t-tabel pada taraf 5% dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan guru dalam mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa di MA NW Lenek Lauq Tahun 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Gunung Rinjani