Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Aminatuzzohriah, Aminatuzzohriah
Subject
Pendidikan Akuntansi
Datestamp
2022-01-18 02:58:14
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi antara kemampuan guru dalam
mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di
MA NW Lenek Lauq Tahun 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas X MA NW Lenek Lauq yang berjumlah 85 orang. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan instrumen
yang di gunakan adalah angket.
Hasil penelitian dari pemberian angket yang telah diuji kelayakannya,
menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan guru dalam mengelola kelas =
60,541 sedangkan rata-rata skor motivasi belajar siswa = 53,588 Setelah
dikorelasikan terdapat r
xy
= 0,489 sedangkan pada rtabel
pada taraf signifikan 5% =
0,213. Hal ini dapat dibuktikan dari 85 orang peserta didik dengan derajat bebas
(db/df) telah dapat dinyatakan melalui interpretasi tabel angka indeks korelasi
product moment pada tabel diatas yaitu terdapat angka 0,400 s/d 0,600 terdapat
interpretasi korelasi antara kemampuan guru dalam mengelola kelas dan motivasi
belajar siswa yang Sedang atau agak rendah, Selanjutnya dilakukan uji analisis
dengan menggunakan Uji signifikan dan didapat nilai t hitung > t-tabel yaitu
5,107 > 2,000 dan ini berarti Hipotesis Nihil Ho ditolak dan Hipotesis alternatif
Ha diterima atau di setujui karena t-hitung > t-tabel pada taraf 5% dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan guru
dalam mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa di MA NW Lenek Lauq
Tahun 2014/2015.