DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOWTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MA AL-IJTIHAD DANGER TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Total View This Week1
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Tariza, Lia
Subject
Pendidikan Akuntansi 
Datestamp
2022-01-19 05:56:02 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode inquiring minds want to know terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MA Al-Ijtihad Danger TP 2014/2015. Metode pembelajaran di MA AL-Ijtihad Danger didominasi oleh metode mengajar lama yaitu metode ceramah dan pemberian tugas, hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan menerima apa yang diberikan oleh guru. Disamping itu juga siswa tidak bersemangat dalam proses pembelajaran dan siswa lebih banyak memilih untuk diam, sehingga komunikasi hanya berjalan satu arah, oleh karna itu untuk memecahkan masalah tersebut peneliti mencoba menggunakan Metode inquiring minds want to know .Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X-3 sebagai kelompok eskprimen yang jumlahnya 30 orang siswa dan kelas X-2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 30 orang siswa. Setelah pengumpulan dan pengolahan data, peneliti mendapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 82,33 sementara pada kelompok kontrol nilanya 69. dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan rumus t-tes. Peneliti menemukan nilai t-tes yaitu 4,080 dan t-tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,201 maka hipotesisnya diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh Metode inquiring minds want to know terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MA Al-Ijtihad Danger TP 2014/2015 
Institution Info

Universitas Gunung Rinjani