Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode inquiring
minds want to know terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas
X di MA Al-Ijtihad Danger TP 2014/2015. Metode pembelajaran di MA AL-Ijtihad
Danger didominasi oleh metode mengajar lama yaitu metode ceramah dan
pemberian tugas, hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan menerima apa yang
diberikan oleh guru. Disamping itu juga siswa tidak bersemangat dalam proses
pembelajaran dan siswa lebih banyak memilih untuk diam, sehingga komunikasi
hanya berjalan satu arah, oleh karna itu untuk memecahkan masalah tersebut peneliti
mencoba menggunakan Metode inquiring minds want to know .Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen dengan subjek penelitian yang digunakan adalah
siswa kelas X-3 sebagai kelompok eskprimen yang jumlahnya 30 orang siswa dan
kelas X-2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 30 orang siswa. Setelah
pengumpulan dan pengolahan data, peneliti mendapatkan nilai rata-rata kelompok
eksperimen yaitu 82,33 sementara pada kelompok kontrol nilanya 69. dalam uji
hipotesis, peneliti menggunakan rumus t-tes. Peneliti menemukan nilai t-tes yaitu
4,080 dan t-tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,201 maka hipotesisnya diterima.
Hal ini berarti bahwa ada pengaruh Metode inquiring minds want to know terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MA Al-Ijtihad Danger
TP 2014/2015