Abstract :
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Mengetahui besarnya
pengaruh biaya saluran distribusi terhadap volume penjualan pada PT. ASTRA
MOTOR Masbagik kabupaten Lombok Timur periode 2006-2010.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu penelitian
yang dilakukan dengan memberikan gambaran serta analisis mengenai masalahmasalah yang ada dan pada akhirnya ditarik suatu kesimpulan, tehnik
pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, studi kepustakaan dan
dokumentasi. Untuk menganalisis data yang peneliti dapatkan dari PT. ASTRA
MOTOR Masbagik, penulis melakukan perhitungan dengan mengunakan statistik
yaitu analisis koefisien korelasi sederhana, analisis koefisien korelasi dan
koefisien determinasi. Sedangkan untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan
uji distribusi t.
Hasil penelitian Hubungan yang terjadi antara biaya saluran distribusi
dengan volume penjualan pada PT. ASTRA MOTOR Masbagik adalah hubungan
yang positif. Hal ini ditunjukan dengan nilai korelasi r = 0,93%. Kd = 86,49 %,
berarti ada pengaruh saluran distribusi terhadap volume penjualan sedangkan
23,51 % lagi volume penjualan pada PT. ASTRA MOTOR Masbagik dipengaruhi
oleh faktor lain. Sedangkan Hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa Ho
diterima dan Ha ditolak, ini menunjukan bahwa biaya saluran distribusi
berpengaruh positif atau kuat terhadap volume penjualan pada PT. ASTRA
MOTOR Masbagik Kabupaten Lombok Timur.