DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs. AL-KHAIRIYAH NW PUTRA RAJAK KECAMATAN PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Assubakti, Mahli
Subject
Pendidikan Akuntansi 
Datestamp
2022-01-22 06:41:37 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan lingkungan sekolah Dengan Motivasi belajar siswa kelas VIII MTs. Al-Khairiyah NW Putra Rajak Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Secara operasional yang dimaksud dengan lingkungan sekolah adalah lingkungan yang berkaitan dengan fisik dan non fisik, lingkungan fisik adalah segalasesuatu yang berkaitan dengan saran dan prasarana yang ada di sekolah, seperti perpustakaan, laboratorium, ruangan kelas, dll. Sedangkan lingkunga non fisik adalah pola hubungan antara guru dengan murid, murid dengan murid, dan lain sebagainya. Sedangkan yang dimaksud motivasi belajar siswa adalah adanya suatudorongan yang kuat untuk melakukan kegiatan belajar, yang dipengaruhi oleh faktor intrinsik, dan ekstrinsik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian lapangan, yaitu dengan melakukan teknik pengumpulan data yang berupa observasi dan angket. Obyek penelitian di sini ialah siswa kelas VIII MTs. Al-Khairiyah NW Putra Rajak Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, penyebaran angket maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah berhubungan dengan Motivasi belajar siswa MTs. Al-Khairiyah NW Putra Rajak Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Dalam penelitian ini penulis dapat menyimpulkan hasil penelitian ini terdapat korelasi yang positif antara lingkungan sekolah dengan motivasi belajar siswa, berdasarkan perhitungan perbandingan taraf signifikan nilai r hitung 0,26 lebih besar dengan nilai r tabel 0,456 . ini berarti hipotesis alternative diterima dan hipotesis nol di tolak. Hal tersebut menunjukan bahwa korelasi antara variable X ( lingkungan sekolah) dengan variable Y (motivasi belajar siswa) merupakan korelasi positif yang segnifikan. Artinya bahwa lingkungan sekolah berhubungan dengan motivasi belajar siswa di sekolah. 
Institution Info

Universitas Gunung Rinjani