Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan lingkungan sekolah
Dengan Motivasi belajar siswa kelas VIII MTs. Al-Khairiyah NW Putra Rajak
Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Secara operasional yang
dimaksud dengan lingkungan sekolah adalah lingkungan yang berkaitan dengan
fisik dan non fisik, lingkungan fisik adalah segalasesuatu yang berkaitan dengan
saran dan prasarana yang ada di sekolah, seperti perpustakaan, laboratorium,
ruangan kelas, dll. Sedangkan lingkunga non fisik adalah pola hubungan antara
guru dengan murid, murid dengan murid, dan lain sebagainya. Sedangkan yang
dimaksud motivasi belajar siswa adalah adanya suatudorongan yang kuat untuk
melakukan kegiatan belajar, yang dipengaruhi oleh faktor intrinsik, dan ekstrinsik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan penelitian lapangan, yaitu dengan melakukan teknik pengumpulan
data yang berupa observasi dan angket. Obyek penelitian di sini ialah siswa kelas
VIII MTs. Al-Khairiyah NW Putra Rajak Kecamatan Praya Timur Kabupaten
Lombok Tengah. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi,
penyebaran angket maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah
berhubungan dengan Motivasi belajar siswa MTs. Al-Khairiyah NW Putra Rajak
Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah.
Dalam penelitian ini penulis dapat menyimpulkan hasil penelitian ini
terdapat korelasi yang positif antara lingkungan sekolah dengan motivasi belajar
siswa, berdasarkan perhitungan perbandingan taraf signifikan nilai r hitung 0,26
lebih besar dengan nilai r tabel 0,456 . ini berarti hipotesis alternative diterima dan
hipotesis nol di tolak. Hal tersebut menunjukan bahwa korelasi antara variable X (
lingkungan sekolah) dengan variable Y (motivasi belajar siswa) merupakan
korelasi positif yang segnifikan. Artinya bahwa lingkungan sekolah berhubungan
dengan motivasi belajar siswa di sekolah.