Abstract :
Skripsi ini membahas tentang pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil
belajar siswa di MA NW Lenek Lauq. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar siswa di MA NW Lenek
Lauq.Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode penelitian yang
berlandasan pada filsafat postivisme . Populasi dalam penelitian ini berjumlah 97
orang sedangkan sampelnya adalah 39 orang. Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis
regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif kecerdasan interpersonal
terhadap hasil belajar dalam persamaan regresi linier sederhana yaitu Y = 63.243
0,036 X. Adapun dari hasil uji nilai sig dengan 0,05 dengan nilai signifikansi (sig)
sebesar 0,935 > probabilitas 0,05 sehingga pengaruh kecerdasan interpersonal
terhadap hasil belajar positif tapi tidak signifikan. Dan dari hasil uji t yaitu 0.082
< 2,026 sehingga tidak ada pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil
belajar.