Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kompetensi siswa didalam
memprediksi imformasi dari gambar didalam text bacaan dan untuk menemukan
masalah-masalah siswa didalam mempelajari reading. Penelitian ini telah
dilaksanakan di kelas dua SMK Gunung Rinjani LombokTahun ajaran 2016/2017.
Subject penelitian ini semua siswa kelas dua SMK Gunung Rinjani Lombok.. Untuk
mengetahui kempetensi siswa didalam memprediksi gambar didalam teks bacaan dan
masalah siswa didalam belajar reading penulis menggunakan penelitian gabungan.
Penulis mengumpulkan data menginterview guru bahasa inggris kelas dua SMK
Gunung Rinjani Lombok untuk mengetahui masalah-masalah siswa didalam belajar
reading dan strategy siswa didalam mengambil imformasi dara teks bacaan dan
penulis juga memberikan test bacaan kepada siswa dan membiarkan siswa untuk
menjawab perntanyaan- pertanyaan yang ada didalam test membaca. Test yang
penulis berikan berjumlah 20 soal yang terdiri dari pilihan ganda tidak hanya itu
penulis juga mengumpulkan data dengan menggunakan dokumentasi, penulis
mendokumentasikan poto pada saat siswa menjawab test bacaan yang diberikan, dan
mendokumentasikan syllabus kelas dua SMK Gunung Rinjani. Penulis
menganalalisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, data data
qualitative penulis analysis dengan menggunakan data reduksi, data display, dan
gambaran penutup. Dari data analisis penulis menemukan masalah-masalah siswa
didalam belajar reading diantarnya siswa tidak focus ketika guru sedang menjelaskan
didepan kelas, siswa kesulitan didalam memahami teks bacaan. Untuk menganalisis
data quantitative dengan mengaplikasikan mean,median,modus,range dan standar
daviasi. Dari data analisis tersebut penulis menemukan bahwa 15% siswa
mendapatkan nilai tertinggi, 20% siswa mendapatkan skor sangat bagus, 40%
mendapatkan skor bagus, 20% siswa mendapatkan skor tidak baik, dan 5% siswa
mendapat skor sangat tidak baik dan total nilai keseluruhan 20 siswa adalah 1290 dan
skor rata-ratanya berjumlah 64,5, skor tengahnya berjumlah 68,1 dan skor yang
sering muncul sebanyak 69 jadi kompetensi siswa didalam memprediksi impormasi
pada gambar didalam teks bacaan kelas dua SMK Gunung Rinajani Lombok tahun
ajaran 2016/2017 dikategorikan dengan kategori yangbaik. Dari hasil penelitian ini
penulis menyarankan kepada siswa dan guru. Siswa harus lebih meningkatkan
kemampuan prediksi impormasi dengan membaca beberapa macam buku dan Guru
harus membuat siswa tertarik didalam mempelajari bahasa inggris terutama
membaca.