DETAIL DOCUMENT
GRAMMATICAL ERRORS IN WRITING RECOUNT TEXTS MADE BY THE TENTH GRADE STUDENTS OF MADRASAH ALIYAH (MA) THOHIR YASIN LENDANG NANGKA IN THE SCHOOL YEAR OF 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Fikri, Ahmad
Subject
Pendidikan Bahasa Inggris 
Datestamp
2022-01-25 08:04:53 
Abstract :
Penelitian ini berhubungan dengan analisis kesalahan gramatikal. Dua rumusan masalah masalah dirumuskan sebagai berikut: (1) bagaimana jenis kesalahan gramatikal yang dibuat oleh siswa kelas X dalam menulis teks recount? dan (2) kenapa kesalahankesalahan tersebut terjadi?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kesalahan gramatikal yang dibuat oleh siswa dan untuk menggambarkan kemungkinan penyebab-penyebab terjadinya kesalahan-kesalahan tersebut. Dalam melaksanakan penelitia ini, peneliti menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Thohir Yasin Lendang Nangka tahun pelajaran 2016/2017. Jumlah subyeknya adalah 51 siswa dan instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis dalam bentuk teks recount. metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa dengan cara membagi jenis-jenis kesalahan gramatikal kedalam tujuh kategori dan kemudian menentukan kemungkinan penyebab-penyebab kesalahan itu berdasarkan teori dari Erdogan (2005: 265). Dari hasil analisa dan interview terhadap siswa, peneliti menemukan bahwa: (1) siswa mwmbuat 323 kesalahan gramatikal dalam 431 kalimat yang dibagi kedalam 98 atau 30% kesalan dalam membuat bentuk kata kerja, 112 atau 35% kesalahan dalam kecocokan antara subyek dan predikat, 46 atau 14% kesalahan dalam penjamakan kata benda, 18 atau 6% kesalan dalam penggunaan artikel, 20 atau 6% kesalahan dalam penggunaan kata depan, 12 atau 4% kesalahan dalam penggunaan kata ganti, dan 17 atau 5% kesalahan dalam penggunaan kata sambung. (2) kemungkinan penyebab kesalahankesalahan tersebut adalah: intra-lingual transfer (88%) karena siswa mempunyai pengetahuan terbatas tentang aturan-aturan dan struktur dalam Bahasa Inggris. Ini juga terjadi karena ketidak mampuan mereka dalam menerapkan apa yang sudah mereka pelajari. Selain itu beberapa kesalahan juga dipengaruhi oleh inte-rlingual transfer (12%) karena siswa masih terpengaruh oleh bahasa pertama mereka atau bahasa ibu (Bahasa Indonesia). 
Institution Info

Universitas Gunung Rinjani