DETAIL DOCUMENT
ANALISA SALURAN PEMASARAN DAN MARGIN PEMASARAN KELAPA DI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Hadi, L. Sapoan
Subject
 
Datestamp
2020-03-17 07:43:44 
Abstract :
Kelapa merupakan tanaman perkebunan dari famili palmae yang hampirseluruh bagianya bagianya dapat dimanfatkan . Tanaman kelapa ini juga di jululuki pohan kehidupan karna setiap bagianya bernilai ekonomi.Pemasaran adalah kegiatan manusia yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan langganan melalui proses pertukaran dan pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaanPenelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara Purposive Sampling (secara sengaja), di tiga desa yaitu Desa Korleko, Desa Korleko Selatan, dan Desa Geres dengan pertimbangan bahwa ketiga desa tersebut merupakan penghasil kelapa terbanyak di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Rumusan masalah a. bagai mana saluran pemasaran kelapa yang ada di Kecamatan Labuhan Haji Kecamatan Lombok Timur b. Berapa margin pemasaran Kelapa yang ada di Kecamatan Labuahan Haji Kabupaten Lombok Timur c. Bagaimana efisiensi pemasaran kelapa yang ada di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok timur Penelitian ini mengunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang dengan cara mengumpulkan data, menganalisis, dan menarik kesimpulan. Teknik pengupulan data dilaksanakan dengan cara survey dan wawancara langsung. Survey adalah melakukan pengamatan lapangan, sedangkan wawancara adalah pengumpulan data dari petan responden dalam waktu yang bersamaan dengan berpedoman pada daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya . Bentuk saluran pemasaran kelapa di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur . (a) saluran I yaitu petani kelapa langsung menjual hasils kelapanya kepada konsumen. (b) saluran II yaitu petani kelapa menjual hasil kelapanya kepada pedagang pengecer kemudian pedaggang pengecer menjualnya kepada konsumen. dan (c) saluran III yaitu petani kelapa menjual hasil kelapanya kepada pedagang pengepul Desa dan pedagang pengepul Desa menjualnya kepada pedagang pengecer kemudi pedagang pengecer menjualnya kenonsumen. 2. Margin pemasaran kelapa di Kecamatan Labuhan Haji adalah pada saluran I sebesar 91,66%, Saluran II sebesar 93,66% dan saluran III sebesar 38,46%. 3. Pemasaran kelapa di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur efisien dilihat dari farmer’s shere kurang dari 50% dan dilihat dari besaranya persentase marjin ketiga saluran pemasaran yang ada, ada yang belum efisien karena kurang dari 50%. 

Institution Info

Universitas Gunung Rinjani