DETAIL DOCUMENT
TINGKAT KEPUASAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENGONSUMSI MINYAK GORENG KEMASAN MEREK BIMOLI DI KECAMATAN SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Haprihatun, Haprihatun
Subject
 
Datestamp
2021-11-30 07:04:52 
Abstract :
Minyak goreng sebagai kebutuhan sehari-hari menyebabkan terbukanya peluang pasar minyak goreng yang semakin luas. Seiring dengan makin tingginya tingkat pendidikan dan tingkat ekonomi masyarakat, peralihan pola konsumsi dari minyak goreng curah ke minyak goreng bermerek pun semakin besar. Melihat kondisi pangsa pasar yang menjanjikan menyebabkan banyaknya merek minyak goreng baru yang muncul di pasaran. Dalam hal ini, bimoli sebagai pioner dan market leader minyak goreng kemasan bermerek perlu waspada terhadap dampak persaingan tersebut. Para pesaing terus berusaha untuk merebut pangsa pasar dengan menawarkan berbagai keungulan yang berbeda-beda. Dalam hal ini, perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada para pelanggannya untuk dapat memenangkan persaingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan ibu rumah tangga terhadap atribut produk minyak goreng kemasan merek bimoli di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. dan untuk mengetahui atribut-atribut produk minyak goreng kemasan merek bimoli yang memiliki nilai kepuasan yang tinggi Penelitian ini menggunakan metode “deskriptif”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner. Sedangkan penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sample (sengaja) di Kecamatan Selong. alat analisis yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa atribut-atribut produk minyak goreng kemasan merek bimoli yang ibu rumah tangga rasakan memiliki kepuasan yang relatif tinggi adalah kejernihan, penambahan vitamin, adanya ijin BPOM, adanya logo halal, informasi nilai gizi, kode kadaluarsa, aroma dan kemudahan didapatkan. Dan secara keseluruhan, atribut-atribut minyak goreng kemasan merek bimoli memberikan kepuasan kepada ibu rumah tangga dengan nilai sebesar 78,83% masuk dalam kriteria puas. 
Institution Info

Universitas Gunung Rinjani