Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model saintifik dalam pembelajaran ekonomi
terhadap hasil belajar. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MA
DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA Tahun Pelajaran 2017/2018 sedangkan
sampel penelitiannya adalah kelas X IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dan
kelas X IPS 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan
dalam mengumpulkan data berupa tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 85,44dengan nilai tertinggi 92 dan
nilai terendah 76 sedangkan nilai rata-rata untuk kelompok kontrol diperoleh
sebesar 68,16 dengan nilai tertinggi 84 dan nilai terendah 44, ini berarti terdapat
perbedaan hasil belajar antara siswa kelompok eksperimen dan siswa kelompok
kontrol. Berdasarkan hasil statistik t diperoleh t
hitung
sebesar 12,26 dan t
tabel
sebesar
2,000 karena t
hitung >
ttabel
maka hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model saintifik dalam pembelajaran ekonomi lebih efektif terhadap
hasil belajar siswa kelas X di MA Darussholihin NW Kalijaga Tahun
pembelajaran 2017/2018 untuk pokok bahasan peran pelaku kegiatan ekonomi.