DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X DI MA DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week4
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Isnaini Rahmawati, Baiq
Subject
Pendidikan Akuntansi 
Datestamp
2020-03-28 06:04:40 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model saintifik dalam pembelajaran ekonomi terhadap hasil belajar. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MA DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA Tahun Pelajaran 2017/2018 sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas X IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 85,44dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 76 sedangkan nilai rata-rata untuk kelompok kontrol diperoleh sebesar 68,16 dengan nilai tertinggi 84 dan nilai terendah 44, ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa kelompok eksperimen dan siswa kelompok kontrol. Berdasarkan hasil statistik t diperoleh t hitung sebesar 12,26 dan t tabel sebesar 2,000 karena t hitung > ttabel maka hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model saintifik dalam pembelajaran ekonomi lebih efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X di MA Darussholihin NW Kalijaga Tahun pembelajaran 2017/2018 untuk pokok bahasan peran pelaku kegiatan ekonomi. 

Institution Info

Universitas Gunung Rinjani