DETAIL DOCUMENT
THE EFFECT OF EXTENSIVE READING BOOKS TOWARD STUDENTS’ WRITING COMPETENCE FOR THE ELEVENTH GRADERS OF SMA NEGERI 1 PERINGGASELA IN THE SCHOOL YEAR 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Kholid, Badrun
Subject
Pendidikan Bahasa Inggris 
Datestamp
2020-04-27 06:16:52 
Abstract :
Masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada pengaruh yang signifikan buku bacaan ektensif terhadap kemampuan menulis siswa pada kelas sebelas SMAN 1 Peringgaselar Tahun Ajaran 2012/2013.? (2) sejauh manakah pengaruh buku bacaan ektensif terhadap kemampuan menulis siswa pada kelas sebelas SMAN 1 Peringgaselar Tahun Ajaran 2012/2013.? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh buku bacaan ektensif terhadap kemampuan menulis siswa pada kelas sebelas SMAN 1 Peringgaselar Tahun Ajaran 2012/2013. (2) untuk mengetahui tingkat pengaruh buku bacaan ektensif terhadap kemampuan menulis siswa pada kelas sebelas SMAN 1 Peringgaselar Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan desain ekperimen. terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksprimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok tersebut di berikan test yang sama dan perlakuan yang berbeda. Jumlah populasinya adalah seluruh siswa kelas sebelas SMAN 1 Peringgaselar Tahun Ajaran 2012/2013 Yang terdiri dari lima kelas,antaranya kelas XI IPA I= 40 siswa, XI IPA II= 42 siswa, XI IPS I=42 siswa, XI IPS II =40 siswa dan XI IPS II= 43. Kemudian peneliti mengambil 66 siswa sebagai sampel penelitian, dari 207 jumlah populasi, 33 siswa sebagai kelompok eksprimen dan 33 siswa sebagai kelompok kontrol. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan tes tulis sebagai instrumen. Setelah mengumpulkan dan menghitung data, diperoleh skor rata-rata pretest dan post-test untuk kelompok eksperimen adalah 54.36 dan 70.89, Sementara kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata 46.15 dan 49.85. Untuk uji hipotesis, rumus yang digunakan adalah rumus t-tes. Setelah melakukan perhitungan, diperoleh nilai t-tes yaitu 11.86 kemudian nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan taraf kebebasan 64 adalah 3.20, . Karena nilai t-tes lebih lebih besar dari ttabel (11.86 > 3.20), maka hipotesis alternatif diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang significant terhadap penggunaan buku ekstensif terhadap kemampuan menulis siswa pada siswa kelas XI SMAN 1 Peringgasela tahun pelajaran 2012/2013. 

Institution Info

Universitas Gunung Rinjani