Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Metode Communicative
Language Teachingterhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris kelas X siswa
siswi SMAN 1 Pringgabaya tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk
penelitian eksperimental. Semua target populasi dari penelitian ini adalah pelajar
kelas X SMAN 1 Pringgabaya. Peneliti memilih 36 pelajar sebagai sampel. 18
pelajar untuk expermintal group dan 18 pelajar untuk kontrol group. Untuk
mendapatkan data peneliti menggunakan tes speaking. Hasilnya menunjukkan
bahwa t-test 4. 24 dan t-table mencapai nilai signifikan. Jadi, penelitian ini dapat
di terima. Ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam
penggunaan metode CTL terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris. Pelajar
yang di ajarkan menggunakan Metode CTL memperoleh kemampuan tinggi jika
dibandingkan dengan pelajar yang di ajarkan dengan tidak menggunakan Metode
CTL.