Abstract :
Penelitian ini ditujukan untuk meneliti strategi guru dalam mengajarkan
bahasa Inggris di Madrasah Aliyah (MA) Nahdlatul Wathan (NW)
Padasuka dan alasan guru tersebut sehingga menggunakan strategi itu
dalam mengajar. Hal ini dikarenakan di sekolah tersebut hanya ada seorang
guru bahasa Inggris sedangkan terdapat tujuh kelas di sana. Maka
penelitipun menganggap bahwa fenomena ini menarik untuk diteliti.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitative dikarenakan object
penelitiannya adalah strategi guru dalam mengajar bahasa inggris.
Sedangkan subjek penelitiannya adalah guru bahasa inggris sendiri. Dalam
penelitian ini, untuk mendapatkan data tentang strategi guru dalam
mengajarkan bahasa Inggris di sekolah tersebut, peneliti mengadakan
obserasi terhadap tindakan-tindakan guru dan murid selama proses belajar
mengajar sedangkan untuk mendapatkan data tentang alasan guru tersebut
sehingga menggunakan strategi itu adalah dengan mewawancarai guru
tersebut. Model analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahp yaitu
Reduksi Data, Pemaparan Data dan penarikan keimpulan.
Setelah menyelenggarakan observasi terhadap tindakan guru selama proses
belajar mengajar, peneliti menyimpulkan bahwa guru tersebut
menggunakan Strategi Pembelajaran Expositori karenaguru tersebut lebih
aktif dibandingkan siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
Selanjutnya, hasil wawancara menunjukkan bahwa guru tersebut tidak
memiliki persiapan sebelum mengajar, bahkan tidak mengetahui strategi
apa yang digunakan dalam mengajar.