DETAIL DOCUMENT
THE USE OF ANIMATION MOVIE FOR DEVELOPING STUDENTS’ WRITING SKILL OF NARRATIVE TEXT: AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE TENTH GRADE STUDENTS IN SMAN 1 LABUHAN HAJI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Ayu Wahyuni, Baiq
Subject
Pendidikan Bahasa Inggris 
Datestamp
2020-07-20 06:56:11 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan penggunaan animation movie untuk meningkatkan kemampua siswa menulis naratif teks. Animaton movie adalah alat peraga visual yang dapat digunakan dalam pelajaran menulis dikelas. Metode dari penelitian ini adalah experiment research. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas sepuluh SMAN 1 Labuhan Haji yang terdiri dari sembilan kelas. Peneliti mengambil dua kelas sebagai contoh yang berjumlah 22 siswa di kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dan 24 siswa di kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Untuk mendapatkan data dari siswa, peneliti meberikan test awal dan tes akhir, dan untuk menganalisis data peneliti menggunakan rumus t-test dengan SPSS 17 for windows. Hasil dari perhitungan data memperlihatkan bahwa kelas eksperimen mendapatkan sekol lebih tinggi (11,24) daripada kelas control (5,84). Berarti ada perbedaan diantara dua kelas itu. Kesimpulan adalah sangat jelas bahwa film kartun mempengaruhi kemapuan siswa dalam menulis naratif teks untuk kelas sepuluh di SMAN 1 Labuhan Haji. Saran penemuan adalah guru bisa menggunakan film kartun sebagai media dalam mengajar skil menulis dikelas sepuluh. 

Institution Info

Universitas Gunung Rinjani