DETAIL DOCUMENT
TEACHING ENGLISH THROUGH ROLE PLAY TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY : AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE TENTH GRADE STUDENTS OF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN GUNUNG RINJANI LOMBOK IN ACADEMIC YEAR 2017-2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Dartiya, Julita Dewi
Subject
Pendidikan Bahasa Inggris 
Datestamp
2020-07-20 07:04:32 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh menggunakan role play di dalam mengajar speaking. Role play adalah sebuah aktifitas dimana pelajar ambil bagian berperan sebagai diri mereka sendiri atau orang lain dalam situasi tertentu. Penelitian ini berlangsung di SMK Gunung Rinjani Lombok. Metode dari penelitian ini adala sebuah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini ada 20 siswa sebagai kelompok kontrol dan 20 siswa sebagai kelompok eksperimen. Untuk mengumpulkan data, penulis melakukan pre-test,treatment, dan post-test. Kemudian, data tersebut dianalisis menggumakan rumus t-test. Berdasarkan data analisis, hasil dari perhitungan data menunjukkan bahwa nilai t-test adalah 2.247. dimana hasil tersebut lebih tinggi dari t-table pada tingkat .05 (95%) yakni 2.021, dengan derajat kebebasan (df) 38. Dengan demikian maka alternatif hipotesis telah diterima. Dari hasil penelitian, ada sebuah pengaruh yang berarti dari menggunakan role play dalam mengajar sepaking pada siswa tingkat 10 Sekolah Menengah Kejuruan Gunung Rinjani Lombok pada tahun ajaran 2017-2018. Disarankan kepada guru bahasa inggris untuk menerapkan role play dalam mengajar speaking terutama pada tingkat sekolah menengah atas. 

Institution Info

Universitas Gunung Rinjani