Abstract :
Tujuan penelitian skripsi ini adalah (1) mengetahi pengaruh reward
terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Assunnah-Assalafiyah Suralaga
tahun pelajaran 2019/2020. (2) mengetahi pengaruh punishment terhadap motivasi
belajar siswa kelas VIII SMP Assunnah-Assalafiyah Suralaga tahun pelajaran
2019/2020. (3) mengetahi pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi
belajar siswa kelas VIII SMP Assunnah-Assalafiyah Suralaga tahun pelajaran
2019/2020.
Metode yang dilakukan dlam penelitian ini adalah metode kolerasi dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi sampel yang di gunakan dalam penelitian ini
adalah siswa/siswi kelas VIII yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data
yang di gunakan dengan menggunakan angket Motivasi belajar, Reward dan
Punishmnt. Teknik analisis data yang di gunakan untuk menguji hipotesis adalah
teknik uji validitas dan uji reliabilitas, dan analisi korelasi berganda dengan
menggunakan variabel Reward (X1), Punishment (X2) dan Motivasi (Y).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapan pengaruh signifikan
antara reward dengan motivasi dimana nilai Sig sebesar 0.012 < 0.05 dan nilai t
hitung 2.671 > 2.040. (2) tidak terdapan pengaruh signifikan antara punishment
dengan motivasi dimana nilai Sig sebesar 0.264 > 0.05 dan nilai t hitung 1.137 <
2.040. (3) terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara reward dan
punishment terhadap motivasi dimana nilai Sig sebesar 0.040 < 0.05 dan nila i F
hitung 3.588 > 3.29, dan besarnya pengaruh reward dan punishment secara
simultan terhadap motivasi belajar adalah sebesar 18.8%