Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa dan
guru terhadap english Speaking Klub, apaka English Speaking Kelub
meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan untuk mengetahui tanggapan
siswa dan guru terhadap penerapan klub berbicara. Untuk mendapatkan data
tersebut, penulis menggunakan tiga teknik; observasi, wawancara, kuesioner dan
dokumentasi. Itu observasi digunakan untuk mendapatkan informasi secara
langsung tentang perilaku, situasi, atau atribut populasi. Kuesioner digunakan
untuk mendapatkan keuntungan data yang lebih valid dan dapat diandalkan
tentang tanggapan siswa tentang klub berbicara. Sedangkan wawancara digunakan
untuk mengetahui apakah klub berbicara mempengaruhi dan meningkatkan
kemampuan berbicara siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang
ikut dalam program English Speaking Club dan guru/tutor yang mengajar di
program English Speaking Club. lima belas siswa diambil sebagai sampel
penelitian dan seorang guru. Berdasarkan data yang diperoleh penulis
menyimpulkan bahwa klub berbicara meningkatkan kemampuan berbicara siswa
dan siswa memberikan respon yang positif terhadap pelaksanaan klub berbicara.
Ini berperan penting dalam memfasilitasi siswa untuk berlatih berbicara.