Abstract :
Pendidikan adalah tahap pembelajaran yang mencakup berbagai latar dan
pada akhirnya dapat menghasilkan pengetahuan atau karakter yang dapat
memengaruhi pola pikir manusia. Pada fase pembelajaran tentu saja ada
kurikulum yang mengatur semua proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
Saat ini, upaya untuk terus mengembangkan kurikulum pendidikan yang dinamis
terus dilakukan, sehingga mereka dapat mencapai tujuan pendidikan untuk
menjawab semua tantangan kehidupan yang akan datang. Dengan demikian
kurikulum adalah dasar terpenting untuk mendukung semua kegiatan
pembelajaran oleh guru.
dari pernyataan tersebut maka rumusan masalah yang penulis ambil ialah
bagaimana penerapan kurikulum 2013 di MA Bahrul Ulum NW Menangabaris.
Sejalan dengan dirumuskan kurikulum 2013 tersebut maka peneliti tertarik untuk
melaksanakan penelitian tentang Penerapan Kurikulum 2013 di MA Bahrul Ulum
NW Menangabaris Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
metode deskriptif analisis, adapun teknik pengumpulan datanya selain
menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi, digunakan juga dengan cara
kuesioner, dengan begitu hasil penelitian terlihat jelas dan valid. Hal tersebut
dapat dilihat dari hasil penelitian penulis, hasil penelitian menunjukkan analisis
penerapan kurikukum 2013 di MA Bahrul Ulum NW Menangabaris termasuk
kategori baik hal ini diliat dari hasil persentase.