Abstract :
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menjawab tes
membaca tentang analytical exposition teks dan hortatory exposition teks. Penelitian ini
dikelompokkan sebagai penelitian deskriptif quantitatif. Populasi mencakup 130 siswa dari
kelas XI MA Darussholihin NW Kalijaga Tahun ajaran 2014/2015. Karena jumlah populasi
penelitian ini lebih dari 100, peneliti mengambil 20% sebagai sampel dari penelitian
tersebut.
Setelah melakukan penelitian, peneliti menemukan ada perbedaan kemampuan siswa
dalam menjawab tes membaca tentang analytical exposition teks dan hortatory exposition
teks untuk kelas sebelas dari MA Darussholihin NW Kalijaga tahun pelajaran 2013/2014.
Berdasarkan kategori persentase dalam penelitian ini, pada analytical exposition teks dan
hortatory exposition teks, peneliti menemukan 5 siswa (19.23%) dalam kategori tinggi, 16
siswa (61.54%) dalam kategori sedang, 5 siswa ( 9.23%) dalam kategori rendah, pada
analytical exposition teks peneliti menemukan 9 siswa ( 34.61%) dalam kategori tinggi, 14
siswa ( 53.86%) dalam kategori sedang, dan 3 siswa ( 11.53%) dalam kategori rendah, dan
pada hortatory exposition teks, peneliti menemukan 5 siswa ( 19.23%) dalam kategori
tinggi, 15 siswa ( 57.7%) dalam kategori sedang, dan 6 siswa ( 23.07%) dalam kategori
rendah.Peneliti berharap semoga hasil dari penelitian ini bermanfaat untuk semua pembaca,
khususnya para guru di harapkan mampu untuk memilih tekhnik pengajaran yang tepat utk
mengajar membaca dan untuk meningkat kemampuan siswa dalam menjawab tes membaca
tentang analytical and hortatory exposition teks .
Jadi, peneliti telah dapat menyimpulkan bahwa hasil dari kemampuan siswa di dalam
menjawab tes membaca tentang analytical and exposition text untuk kelas dua MA
Darussolihin NW Kalijaga tahun ajaran 2014/2015 bahwa persentasi dari keberhasilan
adalah tingkat sangat rendah. Karna disebabkan, ketika di dalam menjawab tes membaca
siswa masih bingung dan kesulitan untuk membedakan yang mana sebagai analytical dan
yang mana sebagai hortatory expositi on text karna mereka tidak melihat dengan teliti dari
tujuan dan generic struktur dari text.