Abstract :
Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui strategi siswa dalam membaca materi
bahasa Inggris di SMA Mardhatillah NW Penakak Lombok Timur tahun pelajaran
2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observation, angket dan interview.
Dalam penelitian ini penulis mengambil satu kelas sebagai sabject yang berisi 32
siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi kualitatif
yang berisi tiga prosedur yaitu data reduction, data display and conclusion drawing/
verification. Hasil dari angket yang pernah diberikan oleh penulis adalah 15 siswa (5
laki-laki and 10 perempuan) suka membaca materi bahasa inggris dengan
menggunakan strategi pertanyaan, 3 siswa (1 laki-laki and 2 perempuan) suka
membaca materi bahasa inggris dengan strategi memperidiksi, 1 siswa laki-laki
suka membaca materi bahasa inggris dengan metode menyimpulkan dan 14 siswa
(4 laki-laki dan 10 perempuan) suka membaca materi bahasa inggris dengan
strategi klarifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua strategi
membaca yang sering digunakan oleh siswa kelas sepuluh SMA Mardhatillah NW
Penakak. Strategi pertanyaan dan Strategi klarifikasi. Strategi pertanyaan sebagian
besar dipilih oleh siswa karena membantu mereka mengidentifikasi informasi,
judul, dan ide pokok dari teks yang dibaca. Strategi klarifikasi dipilih oleh
sebagian besar siswa karena membantu mereka mengidentifikasikan kata yang
kurang jelas, referensi yang kurang terkenal dan kalimat yang sulit. Penulis dalam
hal ini ingin menyarankan para guru agar mempertimbangkan strategi-strategi dan
pengajaran membaca, khususnya dalam mengajar materi reading karena Strategi
reading bisa mengarahkan siswa bukan hanya untuk merangkum wacana tetapi
juga untuk memahami bacaan secara umum.