Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan didalam novel
“Laskar Pelangi†karya Andrea Hirata. Metode yang diterapkan dalampenelitian
ini adalah metode kualitatif, dan metode penelitian ini telah dilakukan melalui
membaca dan memahami novel dengan memilih bahan-bahan atau sumbersumber, melakukan peninjauan terhadap paragrap-paragrap dan dialog-dialog
didalam novel, dan memilih data sesuai dengan masalah-masalah yang telah
diteliti, sementara tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah menentukan
bagian penelitian dengan memahami dan menganalisa isi didalam novel yang
berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa novel “Laskar Pelangi†karya Andrea Hirata yang mana melekat dan
dikembangkannya nilai-nilai pendidikaan yang meliputi pendidikan informal,
formal, dan nonformal, seperti disiplin, agamawan, bertanggung jawab,
kerjasama, demokrasi, jujur, hidup rukun, toleransi, sopan santun, and percaya
diri. Selain itu, novel “Laskar Pelangi†mencakup nilai-nilai pendidikan yang
berkaitan dengan aspek kognitif, afektif (spiritual& sosial), dan psikomotor.