Abstract :
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pola interaksi antara siswa dengan guru
dan Untuk mengetahui keterlibatan orang tua dengan siswa saat pembelajaran online
di masa pandemi Covid 19, dan (2) Untuk mengetahui Hambatan interaksi guru
dengan siswa saat pembelajaran online di masa pandemi Covid 19. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Suamulmubtadi Anjani, adapun metode penelitian yang
dipergunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dipergunakan
ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukk an bahwa
pola interaksi guru dengan siswa menggunakan lima jenis pola interaksi yaitu pola
interaksi satu arah, pola int eraksi dua arah, pola interaksi tiga arah, pola interaksi
multi arah dan interaksi melingkar sedangkan keterlibatan orang tua dengan siswa ada
enam bentuk keterlibatan yaitu Pengasuhan, komunikasi, sukarelawan, belajar dari
rumah, membuat keputusan dan bekerjasama dengan komunitas masyrakat, serta
hambatan dalam interaksi guru dengan siswa sangat berbeda dengan sebelum
pembelajaran daring misalnya tidak bisa belajar tatap muka, lebih sulit memahami
pelajaran dan mudah strees dengann belajar. Dalam penelitian ini juga kendala karena
kondisi Covid-19 yang terjadi diindonesia ini. Sehingga diperlukannya interaksi
antara siswa, guru dan orang tua yang baik