DETAIL DOCUMENT
AN ANALYSIS OF INTERACTION PATTERN BETWEEN STUDENTS, PARENTS AND TEACHERS IN LEARNING PROCESS DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN SMP SULAMULMUBTADI ANJANI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Nuryana, Sofyati
Subject
Pendidikan Bahasa Inggris 
Datestamp
2021-11-10 15:12:40 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pola interaksi antara siswa dengan guru dan Untuk mengetahui keterlibatan orang tua dengan siswa saat pembelajaran online di masa pandemi Covid 19, dan (2) Untuk mengetahui Hambatan interaksi guru dengan siswa saat pembelajaran online di masa pandemi Covid 19. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Suamulmubtadi Anjani, adapun metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dipergunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukk an bahwa pola interaksi guru dengan siswa menggunakan lima jenis pola interaksi yaitu pola interaksi satu arah, pola int eraksi dua arah, pola interaksi tiga arah, pola interaksi multi arah dan interaksi melingkar sedangkan keterlibatan orang tua dengan siswa ada enam bentuk keterlibatan yaitu Pengasuhan, komunikasi, sukarelawan, belajar dari rumah, membuat keputusan dan bekerjasama dengan komunitas masyrakat, serta hambatan dalam interaksi guru dengan siswa sangat berbeda dengan sebelum pembelajaran daring misalnya tidak bisa belajar tatap muka, lebih sulit memahami pelajaran dan mudah strees dengann belajar. Dalam penelitian ini juga kendala karena kondisi Covid-19 yang terjadi diindonesia ini. Sehingga diperlukannya interaksi antara siswa, guru dan orang tua yang baik 
Institution Info

Universitas Gunung Rinjani