Abstract :
Perubahan pola hidup masyarakat berdampak pada perubahan pola
konsumsi makanannya. Masyarakat menginginkan produk makanan dan minuman
yang berkualitas, sehat, dan mudah didapat serta praktis. Hal ini berdampak pada
peningkatan kesadaran masyarakat akan pemenuhan gizi keluarga yang sehat,
bergizi dan higienis. Salah satu susu yang divariasikan dengan rasa yang berbeda
adalah susu kurma. Tidak hanya rasanya yang manis dan khas, susu kurma
mempunyai kandungan gizi yang berguna untuk tubuh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen
dalam mengkonsumsi produk olahan susu kurma dan merumuskan strategi untuk
menarik minat masyarakat untuk mengkonsumsi produk olahan susu kurma.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Sedangkan penentuan lokasi penelitian
dilakukan secara purposive sampling (sengaja) di Kecamatan Suralaga dengan
pertimbangan bahwa Kecamatan Suralaga merupakan salah satu kecamatan yang
terdapat reseller dari produk olahan susu kurma di Kabupaten Lombok Timur .
Analisis yang digunakan adalah analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan
Importance Performance Analysis (IPA), Skala Likert serta Analisis SWOT.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen dalam
mengkonsumsi produk olahan susu kurma yang dengan mengggunakan CSI
masuk dalam kategori puas dengan nilai index sebesar 68,957%. Berdasarkan
hasil analisis SWOT strategi yang paling tepat untuk dikembangkan adalah
strategi memberikan tampilan yang menarik untuk kemasan, mempertahankan
rasa produk dengan nutrisi dan gizi yang dimiliki, selalu menyediakan bahan baku
untuk masa mendatang, memperluas pangsa pasar dengan memanfaatkan media
sosial untuk promosi