DETAIL DOCUMENT
ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN KOPI (Coffea sp.) DI DESA SAJANG KECAMATAN SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gunung Rinjani
Author
Andrian, Wahyu
Subject
 
Datestamp
2021-11-11 00:07:44 
Abstract :
Kopi merupakan komoditas perkebunan yanng memegang peran penting perekonomian Indonesia. Peran tersebut antara lain sebag Komoditas ini diperkirakan menjadi sumber pendapatan utama tidak kurang dari 1.84 juta keluarga yang sebagian besar mendiami kawasan pedesaan di wilayah – wilayah terpencil. Kopi merupakan komoditas ekspor yang penting untuk pertumbuhan perekonomian yang mampu menyumbang devisa yang cukup besar untuk Bangsa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran kopi di Desa Sajang Kecamatan Sembalun dan untuk mengetahui efisiensi pemasaran kopi di Desa Sajang Kecamatan Sembalun Penelitian ini menggunakan metode deskriptif . Tekhnik yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode survei. Penelitian ini dilakukan di Desa Sajang Kecamatan Sembalun sebagai daerah penelitian ditentukan secara purpossive sampling (sengaja) dengan pertimbangan bahwa Desa Sajang memiliki luas area terbesar dan mempunyai kelompok tani terbanyak dari desa-desa yang ada di Kecamatan Sembalun. Dengan mengambil 2 Kelompok Tani di Desa Sajang yaitu Kelompok Tani Gerok Sokong dan Kelompok Tani Hijau Lestari. Petani yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah petani kopi, sedangkan penentuan jumlah responden dilakaukan secara “Quota Sampling”, yaitu ditetapkan sebanyak 30 orang petani sebagai responden. Penentuan petani responden secara “proporsional random sampling”, dengan mengambil 2 kelompok tani kopi dengan mengambil 16 responden pada Kelompok Tani kopi Gerok Sokong dan 14 responden pada Kelompok Tani Hijau Lestari. Kemudian untuk mencari jumlah pedagang pengecer dan pedagang pengumpul dilakukaan dengan cara “Snow Ball” yaitumetode sampling di mana sampel diperoleh melalui proses bergulir dari satu responden ke responden yang lainnya yang berada di Desa Sajang Kecamatan Sembalun. Tekhnis analisis data ini menggunakan Marjin Pemasaran, Farmer Share, Efisiensi Pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian makan dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat dua saluran pemasaran kopi (Robusta) yang dijual secara kering di Desa Sajang Kecamatan Sembalum yaitu (a). Saluran pemasaran I meliputi : Produsen - Pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen (b). Saluran pemasaran II meliputi : Produsen – Pedagang Pengecer – Konsumen. Saluran pemasaran kopi Di Desa Sajang Kecamatan Sembalun merupakan saluran yang efisien. 
Institution Info

Universitas Gunung Rinjani