Abstract :
Kopi merupakan komoditas perkebunan yanng memegang peran penting
perekonomian Indonesia. Peran tersebut antara lain sebag Komoditas ini
diperkirakan menjadi sumber pendapatan utama tidak kurang dari 1.84 juta
keluarga yang sebagian besar mendiami kawasan pedesaan di wilayah – wilayah
terpencil. Kopi merupakan komoditas ekspor yang penting untuk pertumbuhan
perekonomian yang mampu menyumbang devisa yang cukup besar untuk Bangsa
Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran kopi
di Desa Sajang Kecamatan Sembalun dan untuk mengetahui efisiensi pemasaran
kopi di Desa Sajang Kecamatan Sembalun
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif . Tekhnik yang digunakan
dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode survei. Penelitian
ini dilakukan di Desa Sajang Kecamatan Sembalun sebagai daerah penelitian
ditentukan secara purpossive sampling (sengaja) dengan pertimbangan bahwa
Desa Sajang memiliki luas area terbesar dan mempunyai kelompok tani
terbanyak dari desa-desa yang ada di Kecamatan Sembalun. Dengan mengambil 2
Kelompok Tani di Desa Sajang yaitu Kelompok Tani Gerok Sokong dan
Kelompok Tani Hijau Lestari. Petani yang dijadikan responden dalam penelitian
ini adalah petani kopi, sedangkan penentuan jumlah responden dilakaukan secara
“Quota Samplingâ€, yaitu ditetapkan sebanyak 30 orang petani sebagai responden.
Penentuan petani responden secara “proporsional random samplingâ€, dengan
mengambil 2 kelompok tani kopi dengan mengambil 16 responden pada
Kelompok Tani kopi Gerok Sokong dan 14 responden pada Kelompok Tani Hijau
Lestari. Kemudian untuk mencari jumlah pedagang pengecer dan pedagang
pengumpul dilakukaan dengan cara “Snow Ball†yaitumetode sampling di mana
sampel diperoleh melalui proses bergulir dari satu responden ke responden yang
lainnya yang berada di Desa Sajang Kecamatan Sembalun. Tekhnis analisis data
ini menggunakan Marjin Pemasaran, Farmer Share, Efisiensi Pemasaran.
Berdasarkan hasil penelitian makan dapat diambil kesimpulan bahwa
terdapat dua saluran pemasaran kopi (Robusta) yang dijual secara kering di Desa
Sajang Kecamatan Sembalum yaitu (a). Saluran pemasaran I meliputi : Produsen
- Pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen (b). Saluran pemasaran
II meliputi : Produsen – Pedagang Pengecer – Konsumen. Saluran pemasaran
kopi Di Desa Sajang Kecamatan Sembalun merupakan saluran yang efisien.