Abstract :
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi
manajemen perubahan dalam mengembangkan sistem menghafal Al-Qur?an di MTs
hifzil Qur?an yayasan islamic centre Sumatera Utara. Metode penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Adapun
teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data,
dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan meunjukkan bahwa implementasi
manajemen perubahan dalam mengembangkan sistem menghafal Al-Qur?an di MTs
hifzil Qur?an yayasan Islamic centre Sumatera Utara sudah terlaksana dengan baik. Hal
ini dibuktikan dengan adanya kegiatan hafalan yang ditujukan bukan hanya kepada
peserta didik melainkan juga kepada tenaga pendidik dan kegiatan tersebut sangat
memberikan efek positif baik kepada lingkungan madrasah maupun pada diri sendiri.
Perkembangan sistem menghafal Al-Qur?an setelah dilakukannya manajemen
perubahan juga menjadikan para peserta didik menjadi lebih disiplin waktu, dapat
menyesuaikan waktu kapan harus setoran dan kapan harus fokus belajar formal. Dengan
adanya perubahan ini, tenaga pendidik juga jadi lebih menyibukkan diri ke arah yang
baik.
Kepala madrasah MTs Hifzil Qur?an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara
memiliki langkah-langkah yang dilakukan dalam mengimplementasikan sistem
menghafal yaitu: menentukan orang yang bertanggungjawab ataupun memilih kepala
tahfizh yang akan bertanggungjawab terhadap program tahfizh, melakukan
pengelompokan anggota tahfizh, memilih pembimbing atau Pembina disetiap kelompok
tahfizh serta melakukan pengawasan.
Kata Kunci: Implementasi Manajemen