Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
probing promting terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi
siswa kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok T.P 2019/202. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian kuasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI IPA MAS Cipta Simpang Dolok yang berjulah 91 siswa.
Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 berjumlah 30 orang sebagai kelas
eksperimen dan XI IPA 3 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen
yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes berbentuk pilihan ganda
yang terdiri dari 20 soal kemampuan berpikir kritis dan 20 soal tes hasil belajar.
Analisis data pada penelitian ini adalah uji paired simple t test dengan
bantuan program SPSS 20.00. Dari hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa
diperoleh thitung = 24,418 dan ttabel = 2,045 yang artinya Ho ditolak Ha diterima.
Hal ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran probing promting
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok
T.P 2019/2020. Sedangkan dari hasil analisis hasil belajar diperoleh thitung =
22,381 dan ttabel = 2,405 yang artinya artinya Ho ditolak Ha diterima. Hal ini
menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran probing promting terhadap hasil
belajar siswa kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok T.P 2019/2020.