DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah Swasta Cipta Simpang Dolok T.P 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Nurliana, Nurliana
Subject
2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah 
Datestamp
2020-11-30 07:47:41 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing promting terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok T.P 2019/202. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAS Cipta Simpang Dolok yang berjulah 91 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal kemampuan berpikir kritis dan 20 soal tes hasil belajar. Analisis data pada penelitian ini adalah uji paired simple t test dengan bantuan program SPSS 20.00. Dari hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh thitung = 24,418 dan ttabel = 2,045 yang artinya Ho ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran probing promting terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok T.P 2019/2020. Sedangkan dari hasil analisis hasil belajar diperoleh thitung = 22,381 dan ttabel = 2,405 yang artinya artinya Ho ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran probing promting terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok T.P 2019/2020. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan