Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Aisyah, Nur
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-30 14:04:36
Abstract :
Penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kelas
dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Teladan Ujung Kubu
Kecamatan Nibung Angus Kabupaten Batu Bara. Pendekatan ini dilaksanakan
dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh dengan
teknik triangulasi melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun
tujuan penelitian ini ingin mengungkapkan : (1) Bagaimana penerapan manajemen
kelas dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Teladan Ujung
Kubu, (2) Faktor Apa Saja Yang Menghambat Manajemen Kelas Dalam
Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MTs Teladan Ujung Kubu, (3)
Bagaimana Solusi Untuk Mengatasi Hambatan Manajemen Kelas Dalam
Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di MTs Teladan Ujung Kubu.
Temuan penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1) penerapan
manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar peserta didik adalah
Manajemen kelas ini diawali pada awal pembelajaran sekitar bulan Juni-Juli dan
dengan adanya peningkatan manajemen kelas diharapkan minat belajar siswa akan
meningkat, yang pertama pengadaan bangku siswa yang cukup, meja siswa yang
baik, meja guru, bangku guru dan seluruh alat peserta pendidikan seperti lemari.
(2) factor yang menghambat manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar
peserta didik adalah Salah satu penghambatnya adalah kekurangannya biaya untuk
melengkapi alat-alat perserta didik, kerusakan- kerusakan tidak dapat di topang
oleh dana BOS berguna untuk melengkapi dari pada alat-alat manajemen kelas
tersebut sangat terbatas. (3) Solusi untuk mengatasi hambatan manajemen kelas
dalam meningkatkan minat belajar peserta didik adalah Solusinya yang pernah
dilaksanakan di MTs ini adalah bekerja sama dengan siswa dalam menanggulangi
pengadaan-pengadaan pertama sekali itu meja siswa, kursi siswa, meja guru, kursi
guru papan tulis dan lain-lain.