Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Ningrum, Ummi Prastya
Subject
379 Government regulation, control, support
Datestamp
2020-11-30 15:01:32
Abstract :
Dengan seiring berkembangnya lembaga kursus dan pelatihan, maka tingkat
persaingan bisnis pendidikan nonformal semakin ketat. Para Pelanggan LKP terkhusus
peserta didik LKP bersaing memilih LKP yang memiliki pelayanan yang memuaskan
sesuai dengan keinginan dan kebutuhan serta harapan dari pelanggan. Total Quality
Services (TQS) adalah sistem manajemen strategik dan integratif yang melibatkan semua
manajer dan karyawan, serta menggunakan metode-metode kuantitatif dan kualitatif untuk
memperbaiki secara utuh harapan pelanggan. (Fandy Tjiptono ,2004). Penelitian dilakukan
di LKP.Utama Jaya Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.
Fokus penelitian ini adalah Implementasi Penerapan Total Quality Services dari
mulai proses perencanaan, pengawasan, dan mengukur ketercapaian yang mengacu pada
standart penjaminan mutu atau Akreditasi BANPAUDPNF. Penelitian dilakukan dengan
metode kualitatif yaitu dengan pendekatan fenomenologi. Key informan penelitian ini
adalah Pengelola aktif, instruktur atau pendidikdan peserta didik, sedangkan untuk
pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Keabsahan dari hasil analisa yang didapat, dicrosscek dengan metode Triangulasi dan
dicrosscek dengan seorang penguji kompetensi pengelola dan pendidik kursus dan
pelatihan pendidikan non formal yang sudah tersertifikasi atau LSK-PLKP, yaitu Drs.
Abdul Zebar,M.Hum. Dengan demikian akan terlihat sejauhmana kesinkronan yang ada,
guna menggambil simpulan dan putusan dalam penelitian nantinya.
Tujuan dari pada penelitian ini adalah Mengetahui implementasi dari proses
tahapan perencanaan, pengelolaan Total, pengawasan dan pengukuran implementasi
ketercapaian TQS yang berpedoman pada standard instrumen penjaminan mutu LKP
Sedangkan manfaat penelitian ini adalah menambah khazanah ilmu pengetahuan tentang
penerapan Total Quality Services pada LKP untuk dapat dijadikan bahan lebih lanjut
pengembangan penelitian TQS kedepannya dalam meningkatkan mutu LKP. Bagi LKP,
Kegunaan Penelitian ini adalah untuk bahan masukan dan evaluasi adanya proses TQS
yang optimal, dan juga sebagai gambaran Penerapan TQS, yang bisa menjadi acuan
standar ketercapaian penjaminan mutu dengan predikat B, yang kedepannya bisa menjadi
motivasi lembaga lain agar senantiasa melayani dengan pelayanan prima dengan acuan lima
fokus TQS dalam dimensi layanan prima.
Dari hasil peneletian yang diperoleh bahwa Implementasi Penerapan Total Quality
Services LKP.Utama Jaya, sudah dilakukan dengan baik, sesuai dengan pedoman atau
acuan instrument penjaminan mutu LKP, sesuai dengan standart mutu Akreditasi
BANPAUDPNF dengan Grade/ Peringkat Capaian Nilai B (Baik). Rekomendasi yang
disarankan guna peningkatan TQS di LKP.Utama Jaya terutama untuk meningkatkan
pelayanan fasilitas sarana prasarana penunjang yaitu perlu penambahan ruang toilet yang
memadahi, dan pembagunan ruang parkir serta penambahan instruktur dalam mengajar di
kelas, mengingat kenaikan jumlah peserta didik atau siswa di tiap tahunnya meningkat dua
kali lipat dari tahun sebelumnya. Dengan adanya implementasi TQS yang optimal
diharapkan dapat memuaskan pelanggan dan menaikkan jumlah peserta didik yang
nantinya juga akan menaikkan kesejahteraan lembaga, Pendidik dan Tenaga
kependidikannya.