Abstract :
Peneliti merumuskan tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk Mengetahui peran
Guru dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama pada siswa SMP N Negeri
6 Percut Sei Tuan, 2) Untuk Mengetahui Faktor Pendukung serta penghambat
dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama pada siswa SMP Negeri 6 Percut
Sei Tuan , 3) Untuk Mengetahui hasil dari peran guru dalam Menanamkan Sikap
Toleransi Beragama pada siswa SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data yang
didapatkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang mendalam
dari informan yang terkait. Populasi data adalah guru, kepala sekolah dan peserta
didik di sekolah SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Diharapkan dalam penetapan
objek/subjek penelitian ini dapat benar-benar mewakili tujuan penelitian
sehingga rumusan masalah yang diajukan dapat terjawab dengan hasil yang
memuaskan.
Hasil dalam Penelitian ini mengungkapkan bahwa peranan guru dalam
menanamkan sikap toleransi beragamasiswa adalah sebagai seorang pendidik
yang berperan aktif dalam dunia pendidikan yang berpengaruh besar kepada
kualitas kecerdasan kreatifitas, dan akhlak kepribadian peserta didik dan guru
bertanggung jawab untuk mengajar, membimbing, mengarahkan, memberikan
penilaian, melatih dan mengevaluasi setiap aktivitas peserta didik. Seorang guru
harus mampu bersikap demokratis dalam segala tingkah lakunya,baik sikap
maupun perkataannya,tidak diskriminatif terhadap murid-murid yang menganut
agama yang berbeda dengannya. Guru seharusnya memiliki kepedulian yang
sangat tinggi terhadap kejadian-kejadian tertentu yang berhubungan dengan
agama.