Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakter disiplin siswa di SMK
Swasta Karya Bunda Medan dalam (1) bagaiamana peran kepala sekolah, (2) bagaiamana
peran kepala sekolah dalam membentuk karakter disiplin siswa, (3) apa saja faktor
pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam membentuk karakter disiplin
siswa di SMK Swasta Karya Bunda Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif dan teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penjaminan
keabsahan data penelitian menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan
ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian dalam skripsi ini bahwa (1) kepala sekolah di SMK Swasta Karya Bunda
Medan sudah menjadi kepala sekolah yang baik, (2) Peranan kepala sekolah di SMK
Swasta karya Bunda dalam membentuk karakter disiplin siswa cukup bagus, yaitu dengan
mendisiplinkan dirinya sendiri, yaitu dari keteladanan beliau, arahan dari beliau dan
pembinaan yang dijalankan beliau terhadap guru/staff dan siswa disini. (3) faktor
pendukung peran kepala sekolah di SMK Swasta Karya Bunda Medan ini adalah adanya
pengontrolan/pengawasan dari semua guru, adanya dukungan dari masyarakat sekitar
sekolah, dan adanya kesadaran terhadap siswa itu sendiri, sedangkan faktor penghambat
peran kepala sekolah adalah datang dari orang tua itu sendiri (keluarga).