Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Hasibuan, Santi Rahmadani
Subject
2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Datestamp
2020-12-01 07:32:31
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) fenomena karakter yang terjadi pada siswa di
Madrasah Aliyah Pesantren Al-Imron Ujungbatu Kabupaten Padanglawas Utara, (2) perencanaan
pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Pesantren Al-Imron Ujungbatu Kabupaten Padanglawas
Utara, (3) pelaksanaan pendidikan karakteri di Madrasah Aliyah Pesantren Al-Imron Ujungbatu
Kabupaten Padanglawas Utara, dan (4) evaluasi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Pesantren
Al-Imron Ujungbatu Kabupaten Padanglawas Utara,
Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan secara
alamiah dengan memanfaatkan peneliti sebagai instrument penelitian. Subjek penelitian ini adalah
guru, kepala madrasah dan siswa. Data diambil melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Data dinanalisis berdasarkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitin ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) fenomena karakter yang
ditampilkan siswa adalah kepedulian, kesantunan, menghargai keberagaman, dan kepatuhan
terhadap aturan sosial yang berlaku di madrasah, (2) perencanaan pendidikan karakter di Madrasah
Aliyah Pesantren Al-Imron Ujungbatu Kabupaten Padanglawas Utara, adalah dengan menyususn
RPP pada awal semester dengan mempertimbangkan standar kompetensi, kompetensi inti, visi misi
dan tujuan madrasah serta kebutuhan siswa dan aktivitas yang dekat dengan kehidupan sehari-hari
siswa. Guru menyusun RPP pada awal semester dan dilaporkan pada rapat guru untuk mendapatkan
masukan dari teman sejawat dan kepala madrasah, (3) pelaksanaan pendidikan karakter dalam
penanaman nilai-nilai karakter dilakukan dengan metode pembelajaran keteladanan, bermain peran,
pemberian contoh, ceramah, diskusi, dan observasi. Metode pembelajaran yang digunakan menarik
untuk diikuti siswa, dan siswa dapat secara antusias dalam mengikuti proses pembelajaran yang
dilakukan, dan (4) evaluasi pendidikan karakter dilaksanakan dengan ulangan harian, pemberian
PR, UTS, dan UAS. Dalam pelaksanaannya, siswa memperoleh nilai yang tinggi di atas nilai kriteria
ketuntasan minimal yaitu 85.