Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Maimunah, Maimunah
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-01 14:27:02
Abstract :
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang rendahnya
hasil belajar IPA siswa pada materi bentuk-bentuk energi di kelas IV MIN 4 Kota
Medan. Hal ini terlihat dari kurang mampunya siswa menyelesaikan soal-soal,
sehingga diperlukan usaha dan model pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran Index Card Match pada materi bentuk-bentuk energi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang diaksanakan
dalam 2 siklus. Untuk mengetahui kemampuan siswa, peneliti menggunakan
lembar observasi belajar siswa, soal-soal pretest dan post-test dalam bentuk
pilihan berganda yang diberikan kepada siswa secara individu.
Berdasarkan hasil tes awal sebelum diberikan tindakan menunjukkan
presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 0,1% (3 siswa). Setelah diberikan
tindakan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran Index Card
Match, diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar
53,33% (16 siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I, pada
siklus II diperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 83,33% (25 siswa).
Sehingga diperoleh peningkatan hasil belajar IPA dari siklus I ke siklus II sebesar
30%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas di atas, maka dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran IPA
materi bentuk-bentuk energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV
MIN 4 Kota Medan Tahun Ajaran 2018-2019.