Abstract :
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang
terkandung dalam Alquran surah al-Hadi>d, dan 2) untuk mendeskripsikan relevansi
nilai-nilai pendidikan yang terkandung pada surah al-Hadi>d terhadap pendidikan
kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan membahas
tentang konsep pendidikan yang terdapat dalam Alquran, maka adapun
pendekatan yang diterapkan ialah pendekatan dengan ilmu tafsir yang mengkaji
ayat-ayat dalam Alquran. Fokus penelitian ini tertuju pada surah al- Hadi>d. Untuk
mendapatkan fokus tema maka penelitian ini memakai metode Tahlilli. Hasil dari
penelitian menunjukkan bahwa: 1. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam
Alquran pada surah Al-Hadid yang terdiri dari 29 ayat adalah sebagai berikut: 1)
Perintah beriman dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt, 2) Anjuran
bersedekah, 3) Larangan bersikap sombong, 4) Menegakkan keadilan, 5) Anjuran
meminta ampun, 6) Larangan berperilaku kikir/pelit, 7) Balasan berupa hadiah
(Reward), 8) Balasan berupa hukuman (Punishment), 9) Hakikat hidup di dunia,
10) Percaya kepada qadha dan qadar, 11) Bertasbih kepada Allah swt di setiap
waktu, 12) Anjuran berzikir (mengingat Allah swt), 13) Keutamaan karunia Allah
swt, 14) Kitab sebagai petunjuk, 15) Larangan munafik. 2. Relevansi seluruhnya
menggambarkan kemandirian dalam pendidikan, keadilan dan kerendahan hati,
bersikap sosial dengan baik dan kandungan dalam penelitian surah al- Hadi>d ini
mengandung suatu moral dan pendidikan yang bisa diterapkan dalam kehidupan
yang bersumber dari Alquran, khusunya pada era ini yang jauh dari nilai-nilai
Alquran sehingga maraknya kriminalitas.