DETAIL DOCUMENT
Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Surah Al-Hadid
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Saputra, Imron Bima
Subject
2X7.3 Pendidikan Islam 
Datestamp
2020-12-02 04:25:52 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran surah al-Hadi>d, dan 2) untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan yang terkandung pada surah al-Hadi>d terhadap pendidikan kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan membahas tentang konsep pendidikan yang terdapat dalam Alquran, maka adapun pendekatan yang diterapkan ialah pendekatan dengan ilmu tafsir yang mengkaji ayat-ayat dalam Alquran. Fokus penelitian ini tertuju pada surah al- Hadi>d. Untuk mendapatkan fokus tema maka penelitian ini memakai metode Tahlilli. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Alquran pada surah Al-Hadid yang terdiri dari 29 ayat adalah sebagai berikut: 1) Perintah beriman dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt, 2) Anjuran bersedekah, 3) Larangan bersikap sombong, 4) Menegakkan keadilan, 5) Anjuran meminta ampun, 6) Larangan berperilaku kikir/pelit, 7) Balasan berupa hadiah (Reward), 8) Balasan berupa hukuman (Punishment), 9) Hakikat hidup di dunia, 10) Percaya kepada qadha dan qadar, 11) Bertasbih kepada Allah swt di setiap waktu, 12) Anjuran berzikir (mengingat Allah swt), 13) Keutamaan karunia Allah swt, 14) Kitab sebagai petunjuk, 15) Larangan munafik. 2. Relevansi seluruhnya menggambarkan kemandirian dalam pendidikan, keadilan dan kerendahan hati, bersikap sosial dengan baik dan kandungan dalam penelitian surah al- Hadi>d ini mengandung suatu moral dan pendidikan yang bisa diterapkan dalam kehidupan yang bersumber dari Alquran, khusunya pada era ini yang jauh dari nilai-nilai Alquran sehingga maraknya kriminalitas. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan