Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Juanda, Juanda
Subject
152 Perception, movement, emotions, drives
Datestamp
2020-12-02 04:34:43
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah ada hubungan
antara persepsi siswa tentang pedagogi guru dengan hasil belajar pendidikan
agama Islam pada siswa SMP Negeri 12 Medan? (2) Apakah ada hubungan antara
motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa pendidikan agama Islam pada
siswa SMP Negeri 12 Medan? (3) Apakah ada hubungan secara bersama-sama
antara persepsi siswa tentang pedagogi guru dan motivasi belajar dengan hasil
belajar pendidikan agama Islam pada siswa SMP Negeri 12 Medan?. Sampel dari
penelitian ini adalah 15% dari 230 jumlah populasi yang ada di seluruh kelas VIII
yang beragama islam, sampel yang akan mewakili sebanyak 34 siswa semester
genap SMP Negeri 12 Medan tahun 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif korelasional, dengan
analisi korelasi deskriptif. Alat pengumpulan data menggunakan kusioner
berbentuk skala likert. Angket disusun berdasarkan indikator dari setiap variabel
dan diperiksakan ke pembimbing tesis, selanjutnya dilakukan uji instrument
kepada responden dan bukan sampel penelitian. Setelah diuji, instrument item
diketahui varabel X1 terdiri dari 35 item, terdapat 34 item yang valid dan variabel
X2 terdiri dari 35 item, terdapat 34 item yang valid.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Siswa Tentang pedagogi
guru dan Motivasi Belajar mempunyai hubungan dengan hasil belajar pendidikan
agama islam pada siwa SMP Negeri 12 Medan. Pada uji hipotesis penelitian,
diperoleh korelasi (1) X1 dengan Y = r hitung lebih besar dari nilai r tabel (0,461
> 0,339) dan nilai siqnifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,006 < 0,05). (2) korelasi X2
dengan Y = r hitung lebih besar dari nilai r tabel (0,409 > 0,339) dan nilai
siqnifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,016 < 0,05). (3) Korelasi X1 dan X2 secara
bersama-sama dengan Y sebesar = F hitung lebih besar dari F tabel (5,089 > 3,30)
dan nilai siqnifikasi lebih kecil dari 0,005 (0,012 < 0,05)