Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Boangmanalu, Agus S
Subject
2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Datestamp
2021-06-22 04:31:42
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangai oleh kurangnya penggunaan media
pembelajaran didalam kelas sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan
menulis siswa kelas III Min Pakpak Bharat. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampaun menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab
khususya pada materi Kitabah dengan menggunakan media kartu bergambar.
Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara,
dan dokumentasi pada penelitiana tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
menggunakan II siklus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yaitu
siswa kelas III Min Pakpak Bharat tahun 2021. Berdasarkan hasil observasi
lapangan, ditemukan bahawa kemampuan menulis siswa sangat meningkat dengan
menggunakan media kartu bergambar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya
siswa yang mendapatkan nilai yang memperoleh ketuntasan setelah diadakannya
pre tes, tes siklul I, dan tes siklus II.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui bagaimna
kemampuan siswa sebelum digunakanya media kartu bergambar di MIN Pakpak
Bharat. (2). Untuk mengetahui bagaimana prosedur penggunaan media kartu
bergambar di MIN Pakpak Bharat. (3). Untuk mengertahui bagaimana
kemampuan siswa setlahdigunakannya media kartu bergambar di MIN Pakpak
Bharat.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas atau classroom action research
dalam bahasa Inggris, yang bermakna penelitian yang didesain untuk membantu
guru mengetahui apa yang terjadi dikelas. Rancangan penelitian tindakan kelas
dipilih karena masalah yang akan dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran
dikelas sebagai upaya untuk memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan
kemampuan siswa. Hal ini sesuai dengan karakteristik penelitian tindakan kelas.
Wahid Murni mengungkaokan alasan penelitian tindakan kelas menggunakan
metode kualitatif karena adalam melakukan tindakan kepada subyek penelitian,
yang dapat diutamakan adalah mengungkap makna yakni dan proses pembelajran
sebagai upaya meningkatkan motivasi, dan prestasi belajar melalui tindakan yang
dilakukan.
Pada saat test awal diperoleh hasil belajar siswa yang berjumlah 20 orang
siswa dengan nilai rata-rata 44,5. Berdasarkan kriteria ketuntasan minimal siswa,
ketuntasanya 3 (15 %) yang masuk dalam kategori tuntas belajar dan 17 (85 %) yang belum mencapai tuntas belajar pada mata pelajaran bahasa arab khususnya
pada materi kitabah.
Setelah dilakukan siklus I maka hasil belajar yang diperoleh dari siswa
yang berjumlah 20 orang siswa dengan nilai rata-rata 62,5 dengan 9 (45 %) siswa
yang mengalami kriteria tuntas belajar dan 11 (55 %) siswa yang belum tuntas.
Peningkatan ketuntasan belajar dari pre test ke siklus I sebesar 30 %. kemudian
setelah dilakukan perbaikan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi
83,5. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari pre test,
siklus I, dan siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu
bergamabar untuk menungkatkan kemampuan menulis siswa berhasil digunakan.