Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Aulia, Nurul
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-06 17:43:26
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan
pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model
pembelajaran Promblem Based Learning dan kooperatif tipe Think Pair Share Di
Kelas VIII MTs Hifzil Qur?an. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel
yang digunakan peneliti adalah kelas VIII-6 dan VIII-7 dengan jumlah sampel
keseluruhan 35 siswa. Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan
kemampuan komunikasi digunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan
dengan ANAVA dan kemudian dilanjut dengan uji Tukey. Temuan peneliti
menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan kooperatif
tipe TPS dengan Fhitung > Ftabel pada taraf (?= 0,05) dan dilanjutkan dengan uji
Tuckey diperoleh Qhitung > Qtabel; 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi
matematis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL dan kooperatif
tipe TPS dengan Fhitung > Ftabel pada taraf (?= 0,05) dan dilanjutkan dengan uji
Tuckey diperoleh Qhitung < Qtabel; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan
masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa yangn diajar dengan
menggunakan model pembelajaran PBL dan kooperatif tipe TPS dengan Fhitung>
Ftabel pada taraf