Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Sartika, Sartika
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-07 14:22:36
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada peningkatan
prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
materi Sejarah Perkembangan Islam Masa Khulafaur Rasydin dari penerapan
model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) di kelas X MIA A di Mas AlWashliyah 22 Tembung.
Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan : (1) Nilai rata-rata pada
mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Sejarah Perkembangan Islam
Masa Khulafaur Rasydin sebelum di beri tindakan model pembelajaran Inside
Outside circle (IOC) prestasi belajar siswa masih terbilang rendah, adapun nilai
rata-rata pra tindakan (pretest) yang diperoleh siswa 30,17 dari jumlah 36 siswa
yang mencapai KKM hanya 6 siswa dengan ketuntasan belajar siswa secara
klasikalnya 16,70% dan 30 siswa yang tidak mencapai KKM dengan ketuntasan
belajar siswa secara klasikal yaitu 83,30%. (2) Setelah di beri tindakan model
pembelajaran Inside Outside circle (IOC) pada siklus I terjadi peningkatan dari
pretest namun masih dikatakan rendah karena belum mencapai KKM dengan nilai
rata-rata 64,20 dari jumlah 36 siswa yang mencapai KKM hanya 24 siswa dengan
ketuntasan belajar siswa secara klasikalnya 66,70% dan 12 siswa yang tidak
mencapai KKM dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 33,30%. (3)
Setelah diberi tindakan model pembelajaran Inside Outside circle (IOC) pada
siklus II meningkat dan sudah bisa dikategorikan tinggi karena sudah melebihi
dari KKM yang diharapkan yaitu 65 dengan jumlah nilai rata-rata yang diperoleh
yaitu 71,21 dari 36 siswa yang tuntas 34 siswa diperoleh ketuntasan belajar siswa
secara klasikal yaitu 94,40% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 2 siswa
diperoleh ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 5,60%